Membuat Bentuk Belah Ketupat pada Java

Berawal dari tugas yang diberikan oleh dosen kepada saya, dan saya sudah mencoba untuk mencari nya kemana-mana, namun belum menemukan script yang algoritma nya mudah, akhirnya saya menemukan bagaimana algoritma dalam membuat bentuk belah ketupat pada bahasa pemrograman java. Mungkin saya bukan orang yang suka bertele-tele dan memang sebenarnya saya juga tidak pandai berkata-kata, jadi langsung saja ya.. hehehe :-)

ini adalah script/coding java untuk membuat belah ketupat;


import java.util.Scanner;

class BelahKetupat
{
public static void main(String args[]){

Scanner sc = new Scanner(System.in);
System.out.print("Masukkan Angka :");

int n = sc.nextInt();
//bagian atas
for(int x=n; x>=1; x--)
{
for(int y=x-1; y>=1; y--){
System.out.print(" ");
}
for(int z=1; z<=((n+1)-x)*2; z++){
System.out.print("*");
}
System.out.println();
}

//bagian bawah
for(int i=n; i>=1; i--)
{
for(int k=1; k<=n-i; k++){
System.out.print(" ");
}
for(int j=i*2; j>=1; j--){
System.out.print("*");
}
System.out.println();
}
}
}


maka, setelah dijalankan dan dimaskkan angka, akan muncul gambar berikut:

misal dimasukkan angka 5,

     **
    ****
   ******
  ********
**********
**********
  ********
   ******
    ****
     **

Semoga bermanfaat.. :-D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Program Hitung Biaya Parkir dengan/pada Java

Menampilkan Nama Hari pada Java