Lima perubahan besar teknologi pada tahun 2012


Lima perubahan besar teknologi pada tahun 2012

Hanya tinggal 1 minggu lagi kita akan menyambut tahun baru. Sudah pasti, kita bertanya-tanya apa saja hal-hal baru yang menakjubkan tentang teknologi selama tahun 2012. Lembaga Fjord sudah melakukan analisis untuk memprediksi perubahan besar teknologi yang akan menjadi trend baru.
Fjord berkantor pusat di London. Setiap tahun mereka melakukan “brainstroming” dan penelitian masa depan digital. Tahun lalu, Fjord meramalkan perubahan besar pada tahun 2011 seperti mengelola banyak aplikasi dalam satu platfrom (iTunes), mengubah cara orang membaca majalah dengan menggunakan tablet, “gamification” dari segala sesuatu, maraknya pembayaran mobile (Square, Google Wallet) dll.

“Consumer apps” memanfaatkan pasar korporasi
Banyak karyawan dari berbagai perusahaan yang ingin membawa smartphone atau tablet mereka sendiri untuk bekerja. Itu bagus untuk para karyawan karena memudahkan mereka dalam bekerja. Para karyawan cenderung lebih suka menggunakan Dropbox, Evernote dan Skype dalam berkomunikasi atau meningkatkan produktifitas kerja mereka. Fjord memprediksi akan ada permintaan yang tinggi untuk jenis “layanan tertentu perusahaan yang terintegrasi dengan aplikasi konsumen, bukan dari departemen TI yang selama ini dipakai oleh perusahaan-perusahaan”
Teknologi yang terintegrasi
Fjord percaya akan ada perubahan besar ketika teknologi dapat “dipakai” tahun depan. Seperti jam tangan iPod dengan fitur Siri dan anda dapat berbicara denganya. Ketika teknologi ditempelkan dengan pakaian, pergelangan tangan ataupun di sepatu, akan memicu kategori baru dalam inovasi layanan.
Living room revolution
Ada banyak perubahan yang hadir di ruang tamu masa depan. Setiap orang hampir tidak ada lagi yang menonton tv secara tradisonal. TiVO, Hulu, Netflix, Apple TV dll telah berhasil meredefinisi televisi. Tahun depan inovasi akan datang dengan perangkat ‘pendamping’ untuk tv, dimana pengguna dapat berinteraksi dengan teman-teman melalui chatting, melihat tayangan secara real time dll.
Banking 2.0
Bank-bank tradsional telah terganggu dengan hadirnya teknologi peer-to-peer pembayaran dari PayPal, pembayaran kartu kredit selular (Square, intuit) dan teknologi NFC. Hal ini memudahkan setiap orang berbelanja dari belahan dunia manapun dengan sistem pembayaran yang simple dan mudah dari pada bank tradisional. Hal ini akan menjadi trend di 2012 dimana teknologi pembayaran ini mulai menggeser dominasi bank tradisonal.
Hands free dan eyes free UI
Siri menjadi inovasi bagi perubahan cara menggunakan handset. Dalam 2012 setiap perangkat akan ada fitur sejenis siri untuk mengontrol perangkat dengan suara atau sensor gerak tubuh. Kalau Apple mempunyai siri yang cukup fenomenal, Microsoft mempunyai Tellme, dan Google mempunyai Majel.
Di tahun 2012 akan ada pengembangan sensor gerak tubuh dalam mengontrol perangkat seperti hanya menunjukkan jempol untuk menandai hal-hal yang anda sukai dll.
Hal yang sama juga terjadi di industri game. Pada tahun 2012 game akan menjadi lebih nyata seperti kehidupan manusia dan menggunakan konsol serta gerak tubuh untuk memainkannya. Tentu, ini akan membuka peluang bagi pertumbuhan industri-industri TI dalam menanggapi trend tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Program Hitung Biaya Parkir dengan/pada Java

Menampilkan Nama Hari pada Java

Membuat Bentuk Belah Ketupat pada Java