Pengenalan Dasar PHP

Wew, sudah lama tidak buka blog ini. Kira hampir setahun blog tidak menulis di blog ini. Yah, iseng-iseng untuk mengisi waktu luang, sekarang saya mau coba isi lagi. Namun pembahasan kali ini agak berbeda dengan sebelum-sebelumnya, dimana sebelumnya saya menulis tentang Bahasa Pemrograman Java, namun kali ini saya ingin menulis bahasa pemrograman PHP.

Kenapa sekarang saya menulis tetang PHP adalah karena sekarang di kampus saya belajar tentang itu, jadi ya saya nulisnya tentang apa yang saya pelajari.

PHP merupakan bahasa pemrograman web yang digunakan untuk membuat sebuah situs website menjadi lebih dinamis. PHP bekerja pada sisi server. Maksudnya adalah PHP hanya bisa berjalan ketika kita memasukkan web yang dibuat ke sebuah webserver, beda halnya dengan HTML yang dapat dijalankan meskipun web tersebut tidak di masukkan ke webserver.

Kali ini saya hanya melakukan perkenalan bagaimana untuk membuat file PHP berjalan dan menampilkan Pesan Hello World

1. Install aplikasi webserver, bila ingin mudah, download saja aplikasi yang sudah mengandung semua aplikasi-aplikasi lain yang dibutuhkan untuk pengembangan website, seperti XAMPP, atau WAMP, kalau saya sendiri sih, biasa menggunakan XAMPP, bagi yang belum punya aplikasinya bisa di download disini



2. Buka XAMPP Control Panel dan Jalankan apache

3. Buka aplikasi editor, bisa menggunakan notepad, notepad++, dreamweaver, atau aplikasi editor lainnya

4. Ketikkan perintah berikut
<?php
echo "Hello World, I'm learning PHP now";
?>

Keterangan :
Baris 1 : Menandakan awal script PHP
Baris 2 : Perintah echo digunakan untuk mencetak apa yang berada dalam tanda kutip
Baris 3 : Menandakan akhir script PHP

Note : dalam suatu file, bisa terdapat beberapa script php yang di pisah-pisah

5. Simpan file tersebut pada forlder C:/xampp/htdocs dengan nama helloworld.php

6. Jalankan file helloworld.php pada browser, maka akan muncul tulisan "Hello World, I'm learning PHP now"

7. Sekarang anda sudah mengenal cara menggunakan PHP, untuk selanjutnya anda bisa mengembangkannya lebih lanjut.

Mungkin sekarang hanya seperti itu saja, semoga bisa sedikit membantu :) terima kasih telah mengunjungi blog ini, jika ada pertanyaan bisa menghubungi sidi.mustaqbal@gmail.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Program Hitung Biaya Parkir dengan/pada Java

Menampilkan Nama Hari pada Java

Membuat Bentuk Belah Ketupat pada Java